Bimbingan Konseling terhadap Anak yang Broken Home: Memetakan Peran dan Fungsi Strategis Pendidikan Kristiani

Riana Sapitri Lumbantobing, Kristiani Kristiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran guru Pendidikan Agama Kristen dalam menerapkan bimbingan konseling. Seorang guru pendidikan agama Kristen memiliki tugas dan tanggungjawab khusus bagi pendidikan peserta didik terutama pendidikan Kristen. Guru Pendidikan Agama Kristen bukan hanya memberikan pendidikan tetapi juga membangun karakter dan spiritualitas peserta didik. Dalam dunia pendidikan banyak diantara peserta didik yang memiliki latar belakang keluarga yang berbeda. Sebagian anak terlahir dalam keadaan keluarga harmonis dan yang lain dalam keluarga yang tidak mendukung pendidikan seorang anak. Diantaranya seorang anak Broken Home yang tidak memiliki keluarga yang harmonis, seperti: orang tua yang sering bertengkar, kekerasan dalam rumah tangga, orang tua yang memilih untuk bercerai, sehingga banyak masalah-masalah yang terjadi yang berhambat pendidikan, karakter dan spiritual anak. Menggunkan metode kualitatif deskritif maka dapat disimpulkan bahwa untuk itu Guru pendidikan agama Kristen dapat mengambil bagian dalam bimbingan konseling untuk menolong peserta didik Broken Home sehingga karakter dan spiritualitas peserta didik dapat bertumbuh melalui pribadi yang mengandalkan Tuhan.


Keywords


Pendidikan Agama Kristen, Bimbingan Konseling dan Broken Home

References


Arifianto, Yonatan Alex. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Etis-Teologi Mengatasi Dekadensi Moral Di Tengah Era Disrupsi.” Regulafidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (June 2021): 45–59. https://doi.org/10.46307/RFIDEI.V6I1.84.

Anthony Yeo, Konseling Suatu Pendekatan Pemecahan Masalah, (Jakarta: PT BPK Gunung

Mulia, 2001), hal 22-23.

Arianus Hermanus Illua & Leniwan Darmawati Gea, 2021. Efektivitas Konseling Kristen

Melalui Pendidikan Dalam Keluarga Kristen.” Jurnal Teologi Injil:

https://jurnal.sttati.ac.id/index.php/jti/

Perilaku Siswa-Siswi.”Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika.https://www.stt-tawangmangu.ac.id/e-journal/index.php/fidei

Boehlke, Robert R., Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen

dari Plato sampai IG Loyoha, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2000.

Budiarti Melik, Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar (Jawa Timur: Cv Ae Media Grafika,

https://data.goodstats.id/statistic/Fitrinurhdyh/5-faktor-tertinggi-penyebab-perceraian-di-indonesia-HLBgQ#:~:text=Berdasarkan%20laporan%20Statistik.

Collins, G. R. (1976). Effective Counseling(2th ed.). New York: Creation House, hal 17-20

E.G Homrighausen dan Dr. I.H. Enklaar, Pendidikan Agama Kristen (Jakarta: PT BPK Gunung

Mulia, 1994), hal 180-181.

E. P. Gintings, Konseling pastoral Terhadap Masalah Umum Kehidupan, Bandung: Jurnal Info

Media, 2009.

Hardi Budiyana, Dasar-dasar Pendidikan Agama Kristen (Solo: Berita Hidup Seminary, 2011),

https://www.usd.ac.id/fakultas/pendidikan/f1l3/PLPG2017/Download/materi/bk/BAB-I-Esensi Bimbingan-dan-Konseling.pdf

Hurlock, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Retan Kehidupan (Jakarta:

Erlangga, 1990.

J. Goode William, Sosiologi Keluarga (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007), hal. 184

Larry Crabb, Konseling Yang Efektif dan Alkitabiah, Yogyakarta: Yayasan Andi,1977.

Lestari Yunita S.Adm, M.Sos, 2022. “Pengaruh keluarga broken home terhadap perilaku

keagamaan remaja di SMK Anak Bangsa Indonesia NTB. Undergraduate thesis, UIN

Mataram.” REPOSITORY:

http://repository.uma.ac.id/bitstream/123456789/1238/5/138600262- file5.pdf, diakses

September 2023.

Lilis Ermindyawati, 2019. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap

MacArthur John F, Jr, Wayne A. Mac, dkk, Pengantar Konseling Alkitabiah: Pedoman Dasar

Prinsip dan Praktik Konseling (Malang: Yayasan Penerbit Gandum Mas, 2002), hal. 19

Santina Yulia and Sandra Rosiana Tapilaha, 2023. “Pengaruh Guru PAK dalam Bimbingan

Konseling Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Kristen.” Jurnal Christian

Humaniora: http://e-journal.iakntarutung.ac.id/index.php/humaniora/article/view/2244/pdf

Sarbini Wasil, Kusuma Wulandari, S. Sos, M. Si, 2014. “Kondisi Psikolagi Anak dari Keluarga

Broken Home (The Conditions of Child Psychology Toward Family Divorced.”

https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/58954/Wasil%20Sarbini.pdf?sequence=1.https://data.goodstats.id/statistic/Fitrinurhdyh/5-faktor-tertinggi-penyebab-perceraian-di-indonesia-HLBgQ#:~:text=Berdasarkan%20laporan%20Statistik.

Saripah, Wulan, 2013. Profil Interaksi Sosial Peserta Didik Broken Home Dan Implikasinya

Terhadap Layanan Bimbingan Dan Konseling: Studi Deskriptif Terhadap Peserta Didik

Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Baleendah Kabupaten Bandung Tahun

Ajaran 2012/2013. Geogle Book:

http://repository.upi.edu/2769/1/S_PPB_0809677_TITLE.pdf

Sinaga Arianto, 2018. “Pendekatan Guru PAK dalam Membangun Mental Peserta Didik yang

Broken Home.” Repository: Jurnal Pendidikan Agama Kristen.

http://repo.sttsetia.ac.id/86/1/ariato%20sinaga%2C%20pak%2C%202018%20ok.pdf

Suhadi, Suhadi, and Yonatan Alex Arifianto. “Pemimpin Kristen Sebagai Agen Perubahan Di Era Milenial.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 1, no. 2 (2020): 129–47. https://doi.org/10.47530/edulead.v1i2.32.

Sobar Alex, Psikologi Perkembangan, (Bandung : CV Pustaka Setia, 2010), Hal.30

Reni Triposa, Yonatan Alex Arifianto, dan Yudi Hendrilia, 2021. “Peran Guru PAKSebagai

Teladan dalam Meningkatkan Kerohanian dan Karakter Peserta Didik.”JUPAK:

https://ejurnal.sttkadesiyogyakarta.ac.id/index.php/jupak/article/view/2

Telaumbanua Arozatulo, 2018. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk

Karakter Siswa.” Jurnal Pendidikan: https://www.stt-tawangmangu.ac.id/e-journal/index.php/fidei

Yakob Mailani dan Mozes Lawalata, 2023. “Peran Guru PAK Dalam Mengisi Kekosongan

Spiritual Anak Dari Keluarga Broken Home.” Jutipa: Jurnal Teologi Injili dan

Pendidikan Agama. https://ejurnal.stpkat.ac.id/index.php/jutipa/article/view/99/104.

Winkel. W. S., Sri Hastuti. M. M,“Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan.”

Yogyakarta: Media Abad, 2012.




DOI: https://doi.org/10.59947/redominate.v5i2.51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Redominate telah terindeks pada:

 

View Redominate Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © REDOMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristiani. All Rights Reserved.