Strategi Pembelajaran Guru Sekolah Minggu dalam Menghadapi Anak yang Pasif

Boni Boni, Yonatan Alex Arifianto, Reni Triposa

Abstract


Sunday school teachers must be an example for every child. Sunday school teachers must also be able to provide exciting teachings and involve children in learning so that passive children can participate in learning. Using descriptive qualitative methods, this research can be concluded that. Teachers in Sunday schools can create effective teaching methods that involve children in teaching, such as the question-and-answer method, to encourage children to be active in the learning process, enabling them to be enthusiastic in the teaching process. Sunday school is essential in teaching, helping, and encouraging children to understand what the Bible provides as the right way to live in Christ. Children can shape their attitudes, behavior, and character by following God's commands through the Word of God, taught by parents and Sunday school teachers in the Christian faith.

 

Abstrak

Guru sekolah Minggu harus menjadi contoh untuk setiap anak juga harus bisa memberikan pengajaran yang menarik anak dalam pembelajaran. agar anak yang pasif bisa ikut serta dalam pembelajaran. Metode kualitatif dan deskritif untuk penelitian ini dapat disimpulkan bahwa. Guru di sekolah Minggu dapat menciptakan metode pendekatan yang efektif di sekolah Minggu yang melibatkan anak-anak dalam pendekatan seperti metode pengajaran tanya jawab untuk mendorong anak aktif dalam proses belajar yang mendorong mereka untuk semangat dalam proses pengajaran. Sekolah Minggu adalah peran penting dalam mengajar dan mendorong anak-anak untuk memahami Alkitab yang berikan sebagai cara hidup yang tepat di dalam Kristus.

 

 


Keywords


learning strategies; Sunday school teachers; passive children; anak yang pasif; strategi pendekatan; guru sekolah Minggu

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid, Strategi Pembelajaran. Bandung, 2013.

Alimin, Al Ashadi, And Saptiana Sulastri. “Nilai Keberanian Dalam Novel Negeri Di Ujung Tanduk Karya Tere Liye.” Jp-Bsi (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia) 3, No. 1 (2018): 1–5.

Asrori, Mohammad. “Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran.” Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 5, No. 2 (2013): 26.

Chairilsyah, Daviq. “Metode Dan Teknik Mengajarkan Kejujuran Pada Anak Sejak Usia Dini.” Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial 5, No. 1 (2016): 8–14.

Fathurrahman, Pupuh. “Strategi Pembelajaran.” Bandung: Insan Media (2007).

Herlina, Elin, Ni Putu Gatriyani, Nur Saqinah Galugu, Vini Rizqi, Nanny Mayasari, Qomarotun Nurlaila, Hijratur Rahmi, Et Al. Strategi Pembelajaran. Tohar Media, 2022.

Lestari, A S. “Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Sikap Percaya Diri Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 2 Wates.” Universitas Negeri Yogyakarta. E-Issn (2015): 2541–4135.

Mini, Rose. “Disiplin Pada Anak.” Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat~…, 2011.

Octavia, Shilphy A. Model-Model Pembelajaran. Deepublish, 2020.

Rungkat, J. “Peran Sosial-Politik Kristen Di Indonesia Melalui Pendekatan Teologi Politik Yesus (Sumbangsih Materi Bagi Deradikalisasi Agama).” Dinamis 2, No. 12 Des (2018): 30–40. Https://Scholar.Archive.Org/Work/Bzugyenymjg75axdi56xsnajbq/Access/Wayback/Https://S3-Eu-West-1.Amazonaws.Com/Pfigshare-U-Files/22129233/Karyailmiahjimmyrungkat.Pdf.

Seknun, M Faqih. Strategi Pembelajaran. Biosel: Biology Science And Education. Vol. 2. Medan, 2013.

Siburian, Ester Debora Br, Viktor Deni Siregar, And Yolenta Erika. “Kreativitas Guru Sekolah Minggu Dalam Meningkatkan Spiritual Anak Melalui Metode Paikem.” Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi 1, No. 1 (2023).

Simatupang, Hasudungan. “Tugas Dan Tanggungjawab Guru Sekolah Minggu Terhadap Masa Depan Gereja.” Jurnal Christian Humaniora 4, No. 2 (2020): 30–39.

Siswoyo, Hadi. “Sekolah Minggu Sebagai Sarana Dalam Membentuk Iman Dan Karakter Anak.” Sanctum Domine: Jurnal Teologi 7, No. 1 (2020): 121–134.

Situmorang, Ester Lina. “Pendidikan Agama Kristen Gereja Dan Keteladanan Orangtua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Sekolah Minggu” (2020).

Tefbana, Ivana It, Sarce Rien Hana, Tri Supartini, And Hengki Wijaya. “Kompetensi Guru Sekolah Minggu Terhadap Keefektifan Mengajar Anak: Suatu Studi Kuantitatif Di Jemaat Gpdi El-Shaddai Makassar” 1, No. 2 (2020): 205–221.

Widiyanto, Mikha Agus. “Strategi Pelayanan Guru Sekolah Minggu Bagi Pertumbuhan Rohani Anak.” Of Christian Education And Leadership 02, No. 02 (2021).

Yulianingsih, Dwiati. “Upaya Guru Sekolah Minggu Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Alkitab Di Kelas Sekolah Minggu.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika 3, No. 2 (2020): 285–301.

Zega, Yunardi Kristian, Renson Siahaan, Mitra Binariang Lase, Desetina Harefa, And Others. “Peran Guru Sekolah Minggu Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Di Era Teknologi.” Real Kiddos: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, No. 1 (2022).




DOI: https://doi.org/10.59947/redominate.v5i2.53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Redominate telah terindeks pada:

 

View Redominate Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © REDOMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristiani. All Rights Reserved.