Membangun Budaya Literasi Mahasiswa Pascapandemi melalui Optimalisasi Perpustakaan: Studi Kasus pada Perpustakaan STT Intheos Surakarta

Pebrina Dwi Sari, Rifai Rifai, Ayub E Lande

Abstract


The Covid 19 pandemic, entering its third year, has brought many changes in all fields, including activities in the campus library. Libraries can no longer fully carry out complete face-to-face services, but various restrictions have been placed on reducing mobility and suppressing the transmission of the COVID-19 virus. Therefore, it is urgent for the recovery of the library after the pandemic, namely by optimizing the campus library so that library services can be felt again by the campus students. In addition, to re-earth the literacy culture and student interest in reading which has decreased due to the pandemic. Because one of the benchmarks for competent students in the 21st century is students who think critically, have global insight, and have high character and spiritualism. This study uses a descriptive qualitative research method with a case study approach that is focused on students of STT Intheos Surakarta and the efforts made by the campus library to optimize the library, including launching a campus literacy movement, socializing the program, creating a lecture reading corner, increasing the competence of librarians in digital libraries, digitizing theology books, maximizing social media as a means of promoting new book catalogs and improving modern library supporting infrastructure.

  

Abstrak

Masa pandemi Covid 19 memasuki tahun ketiga ini telah membawa banyak perubahan dalam segala bidang, tidak terkecuali aktivitas di perpustakaan kampus. Perpustakaaan tidak bisa lagi sepenuhnya melakukan layanan tatap muka penuh tetapi dilakukan berbagai pembatasan guna mengurangi mobilitas dan menekan penularan virus Covid-19. Oleh sebab itu menjadi suatu urgensi guna pemulihan perpustakaan pasca pandemi yaitu dengan optimalisasi perpustakaan kampus sehingga layanan perpustakaan dapat kembali dirasakan oleh mahasiwa kampus tersebut. Selain itu mem-bumikan kembali budaya literasi dan minat baca mahasiswa yang menurun akibat pandemi. Karena salah satu tolok ukur mahasiswa yang kompeten di abad 21 adalah mahasiswa yang berfikir kritis, berwawasan global dan memiliki karakter serta spiritualisme yang tinggi. Penelitian ini meng-gunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus yaitu difokuskan pada mahasiswa STT Intheos Surakarta dan upaya yang dilakukanperpustakaan kampus untuk optima-lisasi perpustakaan yaitu diantaranya: mencanangkan gerakan literasi kampus, mensosialisasikan program tersebut, membuat pojok baca kuliah, peningkatan kompetensi pustakawan dalam perpusta-kaan digital, digitalisasi buku – buku Teologi, memaksimalkan media sosial sebagai sarana promosi katalog buku baru dan peningkatan sarana prasarana penunjang perpustakaan masa kini.

 

 


Keywords


library optimalization; literacy culture; post-pandemic; student's literacy; budaya literasi; literasi mahasiswa; optimalisasi perpustakaan; pascapandemi

Full Text:

PDF

References


Bafadal, Ibrahim. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Basuki, Sulistyo. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Uiversitas Terbuka, 2003.

Daulay, Maslina. “URGENSI BIMBINGAN KONSELING ISLAM DALAM MEMBENTUK MENTAL YANG SEHAT.” Hikmah (2018).

Dewi, Laksmi, and Asep Dudi Suhardini. “PERAN PERPUSTAKAAN DAN TENAGA PERPUSTAKAAN SEKOLAH/MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH/MADRASAH.” Edulib (2014).

Dian Sinaga. Mengelola Perpustakaan Sekolah. Bandung: Bejana, 2009.

Hartono. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Husna, Jazimatul, Jl Soedarto, and Kampus Undip Tembalang. “Perubahan Dan Problematika Perpustakaan Menghadapi Normal Baru.” Anuva 4, no. 3 (2020): 309–316. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/9418.

Ibrahim Bafadal. Pengolahan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Ishak, and Eva Rabita. “Transformasi Perpustakaan Di Era Big Data.” Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA) (2019).

Kern, R. Literacy and Language Teaching. Oxford: Oxford University Press, 2000.

Lasa Hs. Manajemen Perpustakaan. Yogyakarta: Gama Media, 2008.

Ma’mur, Lizamudin. Membangun Budaya Literasi. Jakarta: Diadit media, 2010.

Mangnga, Alias. “Peran Perpustakaan Sekolah Terhadap Proses Belajar Mengajar Di Sekolah.” Jupiter XIV, no. 1 (2015): 38–42. http://journal.unhas.ac.id/index.php/jupiter/article/view/27.

Mansyur, Mohammad. “Optimalisasi Manajemen Perpustakaan Dan Signifikansinya Bagi Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Sekolah/Madrasah.” Al-Manar (2021).

Mulasih, Mulasih, and Winda Dwi Hudhana. “URGENSI BUDAYA LITERASI DAN UPAYA MENUMBUHKAN MINAT BACA.” Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2020).

Mursyid, Moh. Membumikan Gerakan Literasi Di Sekolah. Yogyakarta: Ladang Kata, 2016.

Poerwadarminta. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2001.

Prastow, Andi. Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Yogyakarta: Andi Offset, 2010.

Rahayu, Lisda. Materi Pokok Layanan Perpustakaan. Jakarta: universitas Terbuka, 2015.

Sugiyono. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, Dan Disertasi. Bandung: Alfabeta, 2013.

Suharno dan Ana Retnoningsih. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya, 2002.

Suhendar, Yaya. Cara Mengelola Perpustakaan. Jakarta: Prenanda Media grup, 2014.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Sulistio Basuki. Pengantar Ilmu Perpustakaan Cet 1. Jakarta: Gramedia Pustaka, 1991.

Usman, Moh. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja rosdakarya, 2005.

Wiryawan. Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi, Dan Profesi. Jakarta: Rajawali Press, 2012.

Yusuf, Pawit M. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: perkantas, 2010.




DOI: https://doi.org/10.59947/redominate.v4i2.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Redominate telah terindeks pada:

 

View Redominate Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © REDOMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristiani. All Rights Reserved.