Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Kelompok B melalui Permainan Congklak

Eny Suprihatin, Merci Padaela

Abstract


Play and games are an inseparable part of the learning process to develop early childhood skills. Knowledge of arithmetic can be delivered to early childhood, ages 5-6 years, by playing a game. The game is a game of congklak. Congklak is a traditional game that has the benefit of stimulating fine motor skills, and training the child's concentration. Research on Teacher Creativity in Improving Counting Ability of Group B Through the Congklak Game in the Integrated Mahanaim Christian Kindergarten, using the Classroom Action Research methodology. The research model used is the Kurt Lewin model. Four stages are carried out: planning, implementing, observing and reflecting. From the four cycles carried out the results are: of the 20 subjects studied the average achievement value was 6.6. 15 children in the high achievement category, 2 children in the moderate category, and 3 children in the low achievement category. Based on initial observations, it was concluded that there was a significant increase in numeracy skills.


Abstrak
Bermain dan permainan merupakan bagian tidak terpisahkan dalam proses pembelajaran untuk menumbuh kembangkan keterampilan anak usia dini. Pengetahuan berhitung dapat disampaikan kepada anak usia dini, usia 5-6 tahun, dengan memainkan suatu permainan. Permainan yang dimaksud adalah permainan congklak. Congklak merupakan permainan tradisional yang memiliki manfaat menstimulasi kemampuan motorik halus, dan melatih daya kosentrasi anak. Penelitian tentang Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Kelompok B Melalui Permainan Congklak di TK Kristen Mahanaim Terpadu, menggunakan metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Model PTK menurut Kurt Lewin. Empat tahapan yang dijalankan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari empat siklus yang dilaksanakan hasilnya adalah: dari 20 subjek yang diteliti rata-rata nilai pencapaian adalah 6,6. 15 anak masuk kategori pencapaian tinggi, 2 anak masuk kategori cukup, dan 3 anak masuk kategori pencapaian kurang. Berdasar observasi awal maka disimpulkan ada peningkatan kemampuan berhitung yang signifikan.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2003

Aqib, Zainal. dkk. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: HR-RUZZ MEDIA, 2008

Dimyati, Johni. Metodologi Penelitian Pendidikan & Aplikasinya. Jakarta, 2013

Mulyani, Nani. Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta : DIVA Press., 2016.

Munandar, Utami. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta, 2009

Ngalimun,dkk. Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas. Yogyakarta, 2013.

Poerwadarminta,W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia Edisi Ketiga.Jakarta: Balai Pustaka, 2003.

Raharjo, Marsudi. Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Bilangan Cacah di SD .Jakarta, 2009.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi.Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana prenada media group, 2011.

Susanto, Ahmad.. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP, 2013.

Semiawan,Conny R. Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta:Gramedia, 2009

Sun,Khen Peng. The Power Of Creativity. Yogyakarta: Andi, 2010.

Sudarma,Momon. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif.Jakarta: Rajawali Pers., 2013.

Suryabrata,Sumadi..Psikologi Pendidikan.Jakarta:Raja Grafindo Persada, 1998.

________,https://media.neliti.com/media/publications/60417-ID-semantika-dalam-perkembangan-desain prod.pdf diakses tanggal 08 juli 2018 pukul 12:20 WIT.




DOI: https://doi.org/10.59947/redominate.v1i1.5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Redominate telah terindeks pada:

 

View Redominate Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © REDOMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristiani. All Rights Reserved.