Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Kristiani dalam 1 Korintus 13:1-13

Samuel Elkana

Abstract


Believers face challenges in educating the next generation regarding forming and developing character. Character education is considered very important to be taught to believers from an early age because it is a learning process that fosters spiritual maturity in the form of Bible-based values, attitudes, and behaviors. The purpose of learning character education values is to give students a mature personality in Christ. 1 Corinthians 13:1-13 describes love with understanding and an explanation of character values. If the character is formed, it will significantly determine the nation's character in the future. This research was conducted using qualitative methods or literature presented as a biblical analysis of character education according to 1 Corinthians 13:1-13.

 

Abstrak

Orang percaya menghadapi tantangan dalam mendidik generasi muda penerus bangsa, dalam hal membentuk dan mengembangkan karakter. Pendidikan karakter dinilai sangat penting untuk diajarkan kepada orang percaya sejak masih usia dini karena pendidikan karakter merupakan proses pembelajaran untuk menumbuhkan kedewasaan rohani berupa nilai hidup, sikap, dan perilaku yang berdasar pada Alkitab. Tujuan pembelajaran nilai-nilai pendidikan karakter menurut yaitu agar murid memiliki kepribadian yang dewasa dalam Kristus.  Dalam1 Korintus 13:1-13 menjelaskan tentang kasih yang memiliki pengertian dan penjelasan tentang nilai-nilai karakter. Jika karakter terbentuk maka akan sangat menentukan karakter bangsa di kemudian hari.  Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif atau literatur yang disajikan dalam bentuk analisa alkitabiah tentang pendidikan karakter menurut 1 Korintus 13:1-13.

 


Keywords


1 Corinthians 13:1-13; character education; character values; Christian character; 1 Korintus 13:1-13; karakter kristiani; pendidikan karakter; nilai-nilai karakter

Full Text:

PDF

References


https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial/article/download/675/632. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 4, No. 2, Desember 2017. 2407-529. NTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SATUAN PENDIDIKAN Yuver Kusnoto Pontianak : Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas IPPS IKIPPGRI .

Doni Koesoema A. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakaarta: Kansius, 2019.

Dharma Kesuma, Pendidikan Karakter (Kajian Teori dan Praktek di Sekolah). Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Durken, Daniel. Tafsiran Perjanjian Baru (Yogyakarta: PT Kanisius, 2018).

Dianne Bergant, Tafsir Alkitab Perjanjian Baru. Yogyakarta: Kanisius, 2022.

Dufour, Leon Xavier. Ensiklopedi Perjanjian Baru. Yogyakarta: Kanisius, 2014

Guthrie, Donald. Tafsiran Alkitab Masa Kini 3 Matius – Wahyu. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1988.

Hakh, Samuel Benjami. Perjanjian Baru Sejarah, Pengantar dan Pokok-Pokok Teologinya. Bandung: Bina Media Informasi, 2002.

Jhonson, S, Leweis. ‘Kitab I Korintus’, Tafsiran Alkitab Wycliffe. Volume 3. Malang: Gandum Mas, 2020.

Morris, Leon. Teologi Perjanjian Baru. Malang: Gandum Mas, 2014.

Pupuh F, Suryana, Fenny F. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama., 2013.

Tabrani Rusyan. Pembelajaran Pendidikan Budipekerti. Cianjur: Kandaga Cipta Karya., 2001.

Tu’u, Tulus. Dasar-Dasar Konseling Pastoral. Yogyakarta: ANDI, 2007

Sporul R.C. Kebenaran-Kebenaran Dasar Iman Kristen. Malang: Literatur SAAT, 2016.

Yaumi, Muhammad, Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar dan Implementasi, Jakarta: Prenamediagroup, 2014.




DOI: https://doi.org/10.59947/redominate.v5i1.47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Redominate telah terindeks pada:

 

View Redominate Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © REDOMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristiani. All Rights Reserved.