Memahami Konsep “Ciptaan Baru” di dalam 2 Korintus 5:17

Simon Simaremare

Abstract


The word "new creation" appears twice in the Bible, and is only found in Paul's writings, namely in 2 Corinthians 5:17 and Galatians 6: 15. However, there are various interpretations that appear on this word. By using a qualitative literature approach and descriptive method for the text of 2 Corinthians 5:17 it is found that Paul uses sentences in the present form, not the form that will come; "Who is in Christ, he is a new creation," not "Who is in Christ, he will be a new creation." The word kainos refers to a change in attitude, behavior, character and not in material/body. Next is that the word new creation is closely related to change. Change is very closely related to things that are psychological (unconscious mind), not things that are outward. In other words, change is related to things that are "from within" not "from outside" human life.

Abstrak
Kata “ciptaan baru” muncul dua kali dalam Alkitab, dan hanya ditemukan dalam tulisan Paulus yaitu dalam 2 Korintus 5:17 dan Galatia 6: 15. Meskipun demikian, ada beragam tafsir yang muncul atas kata ini. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif literatur dan metode deskrip-tif atas teks 2 Korintus 5:17 ditemukan bahwa Paulus menggunakan kalimat dalam bentuk sekarang, bukan bentuk yang akan datang; “siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru,” bukan “siapa yang ada di dalam Kristus, ia akan menjadi ciptaan baru.” Kata kainos lebih menunjuk kepada sebuah perubahan sikap, perilaku, tabiat dan bukan pada materi/tubuh. Selanjutnya adalah bahwa kata ciptaan baru berkaitan erat dengan perubahan. Perubahan sangat berkaitan erat dengan hal-hal yang bersifat psikologis (unconscious mind), bukan hal-hal yang bersifat lahiriah. Dengan kata lain, perubahan berkaitan dengan hal-hal yang “dari dalam” bukan “dari luar” hidup manusia.

Full Text:

PDF

References


Ferguson, Sinclair B. Kehidupan Kristen: Sebuah Pengantar Doktrinal, Surabaya: Momentum, 2007

Haakh, Samuel Benyamin. Teologi Perjanjian Baru, Jakarta: Ghalia, 2015

Lewis, C.S. Mere Christianity, Jakarta: Pionir Jaya, 1995.

Paxson, Ruth. The Wealth Walk and Warfare of the Christian, USA: Fleming H. Revell Company Old Tappan, New Jersey, n.d.

Ridderbos, Herman. Paulus Pemikiran Utama Teologinya, Surabaya: Momentum, 2010.

Surya, Valentino “Anda adalah ciptaan baru di dalam Kristus” https://hagahtoday.com/2014/11/01/anda-adalah-ciptaan-baru-di-dalam-kristus/, diakses, 5 Oktober 2017.

Wiersbe, Warren W. Kaya di dalam Kristus, Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2001.




DOI: https://doi.org/10.59947/redominate.v1i1.3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Redominate telah terindeks pada:

 

View Redominate Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © REDOMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristiani. All Rights Reserved.