Penggunaan Musik Klasik Sebagai Media dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional kepada Anak Usia Balita 0-5 Tahun

Evi Sondang Pangaribuan

Abstract


Children's behavior patterns are vulnerable to environmental influences. The attitudes and responses given by children are very much determined by the patterns of upbringing and the patterns of students from their environment, especially in the toddler years (0-5 years) which is called the golden age. This is a very important period because most of the children's brain development is dominated at that time, reaching 80%, while the next 20% will develop after an early age to 18 years of age. Children's emotional intelligence is a very important aspect to be developed, because it will determine children's behavior in the future. One of the appropriate stimuli is by using music, in this case classical music. Where music is the element closest to human life.

 

Abstrak

Pola perilaku anak rentan dengan pengaruh sekitar. Sikap dan respon yang diberikan anak sangat ditentukan dari pola asuh dan pola didik dari lingkungannya, terutama di masa balita (0-5 tahun) yang disebut dengan golden age.  Masa yang sangat penting karena sebagian besar perkembangan otak anak didominasi pada masa tersebut yakni mencapai 80% sedangkan 20% selanjutnya akan berkembang setelah masa usia dini hingga umur 18 tahun. Kecerdasan emosi anak merupakan aspek yang sangat penting untuk dikembangkan, sebab akan menentukan perilaku anak di masa mendatang. Rangsangan yang tepat salah satunya dengan menggunakan musik, dalam hal ini musik klasik. Di mana musik adalah unsur yang paling dekat dengan kehidupan manusia.


Full Text:

PDF

References


Alif, Firman, Skripsi : Pembelajaran Gitar Elektrik di Sekolah Musik Christoperus Semarang, 2006

Campbell, D, Efek Mozart : Memanfaatkan Kekuatan Musik untuk Mempertajam Pikiran, Meningkatkan Kretifitas, dan Menyehatkan Tubuh, Trans. Hermaya, T, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2002

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2012

Djafar Nurseha, S. Pengaruh Musik Gamelan Terhadap Respon Kecemasan Bayi Pada Saat Imunisasi di Klinik Tumbang Anak RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Skripsi Sarjana. Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta, 2002

Djohan, Psikologi Musik. Yogyakarta: Buku Baik, 2005

Fitroh, Siti Musik Sebagai Stimulus Pada Kecerdasan Emosi Anak. Madura: Paud Trunojoyo, 2016

Goleman, Daniel, Kecerdasan Emosional : Mengapa EI lebih penting daripada IQ. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama, 2009

_____________, Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi, terj. Alex Tri Kantjono, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2005

Hadi Gunawan, L. Pelajaran Seni Musik, Surakarta : Widya Duta, 1987

Jamalus. Musik dan Praktek Perkembangan Buku Sekolah Pendidikan Guru, Jakarta: CV. Titik Terang, 1988

Lwin, May dkk. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Yogyakarta: PT. Indeks, 2008

Mayer, J.D. & Salovey, P, What Is Emotional Intelligence? dalam Salovey. P. & Sluyter, D. (Eds). Emotional Development and Emotional Intelligence: Implication for education. New York: Basic Books, 1997

M. Fernanda Sandi. Pengaruh Musik Terhadap Kecerdasan Emosional di SMA YP Unila Bandar Lampung. Lampung, 2018

Montello L.M & Coons E.E, Effect of Afective Versus Passive Group Music Therapy on Preadolescents With Emotional, Learning and Behavioral Disorders, Journal of Music Therapy, 35, 1998

Ortiz, John M, Nurturing Your Child With Music-Menumbuhkan Anak-anak yang Bahagia, Cerdas dan Percaya Diri Dengan Musik, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, 2002

Raharja, B. Efek Musik Terhadap Prestasi Anak Usia Prasekolah: Studi Komparasi Efek Lagu Anak, Dolanan Jawa, dan Musik Klasik. Jurnal Cakrawala Pendidikan. XXVIII, No 2, 2009

Saefulah. Psikologi Perkembangan dan Pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia, 2012

Slamet, S. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: FIP UNY, 2005

Sousa, D.A, Bagaimana Otak yang Berbakat Belajar. Jakarta: PT Indeks, 2012

Yuhana, E. Pengaruh Musik Klasik Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya. Skripsi Sarjana. Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya, 2010




DOI: https://doi.org/10.59947/redominate.v3i2.29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Redominate telah terindeks pada:

 

View Redominate Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © REDOMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristiani. All Rights Reserved.