Kecerdasan Spiritual sebagai Dasar Terbentuknya Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen

Carolina Etnasari Anjaya, Yonatan Alex Arifianto, Andreas Fernando

Abstract


This study aims to describe the role of spiritual intelligence in increasing the professionalism of Christian Religious Education teachers. The professionalism of Christian Religious Education teachers plays an important role in the success of giving birth to students with Christ's character. Spiritual intelligence is the result of an intimate and intense relationship with God. Through this research, the author conveys that through spiritual intelligence, God actually speaks and guides teachers in living their professional lives and responsibilities. The indicators of spiritual intelligence presented in this study help to understand how spiritual intelligence actually works. The research method used is qualitative. Collecting data using the method of observation and literature study. The results of the study concluded that when a teacher has spiritual intelligence, the ability to understand the nature of oneself is created, able to understand God's will so that the spirit to move his life is the Holy Spirit. Thus his existence both body and soul (all thoughts and feelings) is directed to become a teacher similar to the Lord Jesus Christ.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peranan kecerdasan spiritual dalam peningkatan profesionalitas guru pendidikan agama Kristen.  Profesionalitas pada guru PAK memegang berperan penting dalam keberhasilan melahirkan anak didik yang berkarakter Kristus. Kecerdasan spiritual merupakan hasil dari hubungan yang intim dan intens dengan Tuhan. Melalui penelitian ini penulis menyampaikan bahwa melalui kecerdasan spiritual, sejatinya Allah berbicara dan menuntun para guru dalam menjalani hidup dan tanggung jawab profesinya. Indikator-indikator kecerdasan spiritual yang dikemukakan dalam penelitian ini membantu memahami bagaimana sesungguhnya kecerdasan spiritual bekerja. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pengumpulan data menggu-nakan metode observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ketika seorang guru memiliki kecerdasan spiritual maka tercipta kemampuan memahami hakikat diri, mampu memahami kehendak Tuhan sehingga spirit untuk menggerakkan hidupnya adalah Roh Kudus. Dengan demikian keberadaan dirinya baik tubuh dan jiwa (segenap pikiran dan perasaan) terarah untuk menjadi guru yang serupa dengan Tuhan Yesus Kristus.


Full Text:

PDF

References


Aliana, Cut Rizka, and Thobib Al-Asyhar. “Kecerdasan Adversitas Dan Kesabaran Pada Single Mother.” Jurnal Middle East and Islamic Studies 4, no. 2 (2017): 281–97. https://doi.org/10.7454/MEIS.V4I2.49.

Aruanlele, Yusmirawati. “Implementasi Pemuridan Kontekstual Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru PAK Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritualitas Peserta Didik,” 2020. https://doi.org/10.31219/OSF.IO/GNQ39.

Ashshidieqy, Hasbi. “Hubungan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Siswa.” JPPP - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi 7, no. 2 (October 25, 2018): 68–75. https://doi.org/10.21009/jppp.072.02.

Aswandi, Fri, Arina Nurfianti, and Ernawati. “Hubungan Kecerdasan Spiritual Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Tanjungpura Pontianak.” Jurnal ProNer 3, no. 1 (August 22, 2017): 1–13. https://doi.org/10.26418/JPN.V3I1.21327.

Budiyana, Hardi. “Roh Kudus Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kristen Mewujudkan Pengajaran Kristen Yang Mengandung Nilai Kekal.” Jurnal Teologi Berita Hidup 1, no. 1 (October 16, 2018): 57–77. https://doi.org/10.38189/JTBH.V1I1.5.

Datu, Rahel Liku. “Gaya Hidup ‘Rendah Hati’ Hamba Tuhan Sebagai Keteladan Pemimpin Dalam Gereja Pada Masa Kini,” 2020. https://doi.org/10.31219/osf.io/5wz7h.

Dewi, NWEP. “Meningkatkan Kualitas Guru Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik.” Pendidikan Universitas Ganesha,(March) 11, no. March (2017).

Giawa, Melia. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Yang Berkompeten Terhadap Minat Belajar Peserta Didik.” Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical 44, no. 8 (August 15, 2011): 1689–99.

Ginting, Baskita. “Kebahagiaan Orang Percaya: Refleksi Teologis Matius 5:1-12.” ILLUMINATE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (June 30, 2018): 1–21. https://doi.org/10.5402/ILLUMI.V1I1.3.

Hartoyo, Stephanus. “Yesus: Tuhan, Guru Dan Teladan Orang Percaya.” SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI 4, no. 1 (December 9, 2016): 1–9. https://doi.org/10.46495/SDJT.V4I1.13.

Kia, A Dan. “Kajian Pedagogis Tentang Tanggung Jawab Guru Pak Secara Profesional Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik.” Jurnal Shanan 3, no. 2 (October 28, 2019): 77–94. https://doi.org/10.33541/shanan.v3i2.1580.

Laana, Darwis, and Dorce Sondopen. “Keterampilan Guru Pendidikan Agama Kristen Untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid Di Kelas.” Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, Dan Pendidikan 2, no. 2 (November 23, 2020): 27–32. https://doi.org/10.51730/ed.v2i2.47.

Lase, Delipiter, and Etty Destinawati Hulu. “Dimensi Spritualitas Dalam Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen.” SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan 13, no. 1 (March 20, 2020): 13–25. https://doi.org/10.36588/sundermann.v13i1.24.

Lele, Aldorio, Aldorio Flavius Lele, and Robi Panggarra. “Makna Tujuh Ungkapan Yesus Di Salib Bagi Orang Percaya.” Jurnal Jaffray 13, no. 2 (September 29, 2015): 285–316. https://doi.org/10.25278/jj71.v13i2.181.

Nelly, and Lican Gultom. “Menerapkan Keteladanan Yesus Sebagai Guru Berdasarkan Injil Lukas Bagi Guru SMA Kristen Adhi Wiyata Jember.” PEADA’ : Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (June 26, 2020): 59–71. https://doi.org/10.34307/PEADA.V1I1.12.

Patar Tampubolon, M.Pd. “Pengaruh Kompetensi Spiritual Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen.” PROVEDENSI: Jurnal Pendidikan Dan Teologijurnal Pendidikan Dan Teologi 3, no. 1 (October 13, 2020): 82–97. https://doi.org/10.51902/PROVIDENSI.V3I1.81.

Purba, Vernando. “Pendidikan Karakter Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen.” ASTEROS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 7, no. 1 (2019): 39–51. https://e-journal.stt-star.ac.id/index.php/asteros/article/view/11.

Purwanto, Ani Teguh. “Pengaruh Pengajaran Iman Dan Penderitaan Menurut Filipi 1:29 Terhadap Pertumbuhan Iman Jemaat Bethany Kristus Sabda Benjeng.” Journal KERUSSO 5, no. 1 (March 17, 2020): 14–19. https://doi.org/10.33856/kerusso.v5i1.121.

Purwanto, Fredi, and Rini Wulandari. “Implementasi Kecerdasan Spiritual Bagi Pendidikan.” Missio Ecclesiae 9, no. 1 (April 30, 2020): 95–112. https://doi.org/10.52157/me.v9i1.107.

Rahmawati, Ulfah. “Pengembangan Kecerdasan Spiritual Santri: Studi Terhadap Kegiatan Keagamaan Di Rumah TahfizQu Deresan Putri Yogyakarta.” JURNAL PENELITIAN 10, no. 1 (February 1, 2016): 97–124. https://doi.org/10.21043/JUPE.V10I1.1332.

Rantesalu, Marsi Bombongan. “Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Pelopor Revolusi Mental,” 2019. https://doi.org/10.31220/osf.io/576qt.

Rantesalu, Syani, and Syani Bombongan Rantesalu. “Pemberlakuan Kurikulum Berbasis Nilai Dan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa SMA Negeri Di Tana Toraja.” BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual 3, no. 2 (December 18, 2020): 214–29. https://doi.org/10.34307/b.v3i2.152.

Rizal, Muhammad Nur. “Pengamat Pendidikan: Profesionalitas Guru Perlu Dikembangkan.” Republika Online, 2019. https://republika.co.id/berita/q075g2384/pendidikan/eduaction/19/10/29/q04rcz291-pengamat-pendidikan-profesionalitas-guru-perlu-dikembangkan.

Sagala, Lenda Dabora J.F., Kiki Priskila, Aprianty Susanty, and Julia Kristina. “Profesionalitas Guru Agama Kristen Berdasarkan Surat 1 Timotius.” Didache: Journal of Christian Education 1, no. 1 (June 27, 2020): 25–34. https://doi.org/10.46445/DJCE.V1I1.292.

Sahartian, Santy. “Pemahaman Guru Pendidikan Agama Kristen Tentang II Timotius 3:10 Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak Didik.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika. Vol. 1, 2018. https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.15.

Samosir, Rotua. “Guru Pendidikan Agama Kristen Yang Profesional.” Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 2019. http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/pionir/article/view/729.

Siregar, Nur Haizah. “Pengembangan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dilakukan Melalui Peningkatan Profesionalitas Guru.” Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP 1, no. 1 (March 28, 2020): 38–48. https://doi.org/10.30596/JPPP.V1I1.4454.

Situmorang, Solida. “Integritas Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen.” K E R U S S O 1, no. 1 (2018): 32–48. https://ejournal.sttoi.ac.id/index.php/kerusso1/article/view/16.

Sriyati, Sriyati, and Esen Hon Nakamnanu. “Peran Guru Dalam Menerapkan Pendidikan Agama Kristen Untuk Menumbuhkan Iman Kristen Anak Sejak Dini.” SHAMAYIM: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (January 19, 2020): 14–28. https://doi.org/10.51615/SHA.V1I1.2.

Stevanus, Kalis, and Nathanail Sitepu. “Strategi Pendidikan Kristen Dalam Pembentukan Warga Gereja Yang Unggul Dan Berkarakter Berdasarkan Perspektif Kristiani.” SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI 10, no. 1 (December 29, 2020): 49–66. https://doi.org/10.46495/SDJT.V10I1.84.

Tafonao, Talizaro. “Penerapan Strategi Pengajaran Tuhan Yesus Terhadap Pencapaian Tujuan Pendidikan Agama Kristen,” 2019. https://doi.org/10.31220/osf.io/a4b76.

Telaumbanua, Augusni Hanna Niwati. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Industri 4.0.” Institutio:Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 2 (December 28, 2020): 45–62. https://doi.org/10.51689/it.v6i2.243.

Tindagi, Magdalena Grace K. “Yesus : Sosok Guru Agung (Kompetensi Dan Profesionalitas Dasar Guru PAK).” Missio Ecclesiae 5, no. April (April 30, 2016): 1–21. https://doi.org/10.52157/ME.V5I1.55.

Usmany, J. “Spiritualitas Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Teori Perkembangan Kepercayaan Fowler Dan Teori Perkembangan Moral Kohlberg: Penafsiran Perspektif Al ….” DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 2018, 1–2. https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos/article/view/27.

Utomo, Bimo Setyo. “(R)Evolusi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mentransformasi Kehidupan Siswa.” DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 1, no. 2 (April 30, 2017): 102–16. https://doi.org/10.30648/DUN.V1I2.111.

Wardani, I G. A. K. “Mengembangkan Profesionalisme Pendidik Guru (Kajian Konseptual Dan Operasional).” Jurnal Pendidikan 13, no. 1 (March 4, 2012): 32–44. https://doi.org/10.33830/jp.v13i1.357.2012.

Warsono, Warsono. “Guru: Antara Pendidik, Profesi, Dan Aktor Sosial.” The Journal of Society & Media 1, no. 1 (April 30, 2017): 1. https://doi.org/10.26740/jsm.v1n1.p1-10.

Wulandari, Eka, and Ika Zenita Ratnaningsih. “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Keterikatan Kerja Pada Guru Sekolah Menengah Atas Negeri Berakreditasi a Di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang.” Empati: Jurnal Karya Ilmiah S1 Undip, 2017. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/15173.

Yulianingsih, Dwiati, and Stefanus Marbun Lumban Gaol. “Keterampilan Guru PAK Untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika 2, no. 1 (2019): 100–119. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i1.47.

Zamzam, Mulya. “Kesalahan-Kesalahan Guru Dalam Proses Pembelajaran.” Kompasiana.com, 2020. https://www.kompasiana.com/zamzamdani/5e67b3db097f36574d6ec072/kesalahan-kesalahan-guru-dalam-proses-pembelajaran.

Zohar, Danah, and Ian Marshall. SQ-Kecerdasan Spiritual. Britain: Bloomsbury, 2000.




DOI: https://doi.org/10.59947/redominate.v3i1.20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Redominate telah terindeks pada:

 

View Redominate Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © REDOMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristiani. All Rights Reserved.