Peranan Guru PAK dalam Penanaman Nilai-nilai Karakter pada Anak Sekolah Dasar

Nurlela Syafrian Oematan

Abstract


The development of information and communication technology in the current digital era is growing very rapidly and affects many aspects of human life, including aspects of children's education. The influence of these technological developments also brings changes to modern lifestyles that have both positive and negative impacts on all levels of society, including the lives of children. The COVID-19 pandemic that has occurred since 2020 also affected the life of the education world, namely changing learning methods of the teaching and learning process in schools. The online learning method is starting to be applied for schools that are ready with this online learning system, which requires a lot of media, such as cellphones, laptops, computers and of course the availability of a good internet network. This government policy came into effect in several provinces in Indonesia on Monday, March 16, 2020, which was also followed by other provincial areas. The changing era and the influence of the development of technology and information can affect children's lives. These are a challenge for a teacher because the teacher's role is very important in the child's education process. This role can be interpreted as individual behavior that is important for the social structure of society. While facing all challenges, the teacher has important role to instill the right character values for students to anticipate all negative influences that can be caused and affect their lives, especially for PAK teachers in carrying out their main duties.


Abstrak
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era digital sekarang ini bertumbuh dengan sangat pesat dan mempengaruhi banyak aspek kehidupan manusia, termasuk aspek pendidikan anak. Pengaruh dari perkembangan teknologi ini juga membawa perubahan pada gaya hidup modern yang memberikan dampak positif maupun negatif bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk kehidupan anak-anak. Pandemic covid 19 yang terjadi sejak tahun 2020 juga turut mempengaruhi kehidupan dunia pendidikan yaitu mengubah metode pembelajaran dalam proses belajar mengajar disekolah. Metode belajar dengan sistem daring (dalam jaringan) atau online mulai diterapkan bagi sekolah-sekolah yang siap dengan sistem pembelajaran daring ini, dimana membutuhkan banyak media, seperti handphone, laptop, komputer dan tentu saja tersedianya jaringan internet yang baik. Kebijakan pemerintah ini mulai efektif diberlakukan di beberapa wilayah provinsi di Indonesia pada hari Senin, 16 Maret 2020 yang juga diikuti oleh wilayah-wilayah provinsi lainnya. Perubahan jaman dan pengaruh perkembangan teknologi dan informasi yang bisa mempengaruhi kehidupan anak, menjadi tantangan tersendiri bagi seorang guru karena peranan guru sangat penting dalam proses pendidikan anak. Peranan dapat diartikan sebagai perilaku individu yang penting bagi struktur sosial masyarakat. Dalam menghadapi segala tantangan, peranan guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter yang tepat sangat diperlukan bagi anak didik untuk mengantisipasi segala pengaruh negatif yang bisa ditimbulkan dan mempengaruhi kehidupan mereka, terkhusus juga bagi guru PAK dalam menjalankan tugas utamanya.

Full Text:

PDF

References


Adisusilo, Sutarjo. Pembelajaran Nilai – Karakter: Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Alkitab Holy Bible. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2012.

Aritonang, Hendra. Konsep Ciptaan Baru Menurut 2 Korintus 5:17. Malang: Multi media Edukasi, 2021.

Artikel. “Pendidikan Agama Kristen kepada Remaja dan Pemuda” http://tettysirait. blogspot.com/2018/02/pendidikan-agama-kristen-untuk-pemuda.html, 2018.

Damaya, ed. Himpunan Lengkap Undang-Undang Republik Indonesia tentang Guru dan Dosen. Yogyakarta: Laksana, 2018.

Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Renika Cipta, 2005.

Efendi, Rinja., dan Asia Ria Ningsih. Pendidikan Karakter di Sekolah. Pasuruhan: Penerbit Qiara Media, 2020.

Fitrah, Muh., dan Lutfiyah. Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV. Jejak, 2017.

Ginting, Abdorrakhman. Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran: Disiapkan untuk Pendi dikan Profesi dan Sertifikasi Guru-Dosen. Bandung: Humaniora Utama Press, 2010.

Harnani, Sri. “Efektifitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19” https:// bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa- pandemi-covid-19, 2020.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). https://kbbi.web.id, 2021.

Katalog Dalam Terbitan (KDT). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional & Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Cet. 2. Jakarta: Visimedia, 2007.

KBBI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id, 2016.

Koesoema A., Doni. Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Grasindo, 2007.

Kriyantono, Rachmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006.

Lantera Kecil. “Mengenal Karakteristik Siswa Sekolah Dasar” https://lenterakecil. com/me ngenal-karakteristik-siswa-sekolah-dasar/, 2018.

Lefudin. Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish, 2017.

Mamik. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher, 2015.

Marsetyaningsih, Herlina. Kegemaran Membaca di Perpustakaan dan Prestasi Bela jar Anak. Sukoharjo: Panembahan Senopati Garda Depan Budaya Indonesia, 2014.

Nainggolan, Johan M. Menjadi Guru Agama Kristen. Jakarta: Generasi Info Media, 2007.

Narwoko, Dwi., dan Bagong Suyanto. Sosiologi: Teks Pengantar dan Terapan.

Jakarta: Kencana Prenada, 2006.

Nofrion, Komunikasi Pendidikan: Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2016.

Rahman, Taufiqur. Aplikasi Model-model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Pilar Nusantara, 2018.

Raka, Gede dkk. Pendidikan Karakter di Sekolah dari Gagasan ke Tindakan. Jakarta: Kom pas Gramedia, 2011.

Ruangguruku. “Macam-Macam Metode Pembelajaran” https://ruangguruku.com/ma cam-macam-metode-pembelajaran/, 2011.

Rukin. Metode Penelitian Kualitatif. Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia, 2019.

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.

Sarwono, Sarlito Wirawan. Teori-teori Psikologi Sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.

Sidjabat, B.S. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Kalam Hidup, 2010.

Sirait, Ronal G. Digital Karakter Perspektif Agama dan Pendidikan. Malang: Multi media Edukasi, 2020.

Soekanto, Soerjono. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press, 2002.

Stefanus, Daniel. Sejarah PAK. Bandung: Bina Media Informasi, 2009.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Sumiyatiningsih, Dien., dan Stephanus. Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Telaumbanua, Arozatulo. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa”, Jurnal Fidei Vol 1. No.2, 2018.

Toenlioe, Anselmus JE. Teori dan Filsafat Pendidikan. Malang: Gunung Samudera, 2016.

Undang Undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Jakarta: Depdiknas, 2005.

Very. “Membentengi Pendidikan Karakter Anak dari Pengaruh Teknologi Digital” https://in donews. id/artikel/19796/Membentengi-Pendidikan-Karakter-Anak- dari-Pengaruh-Teknologi-Digital/, 2019.

Wijaya, Hengki. Analisi Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Makasar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2018.




DOI: https://doi.org/10.59947/redominate.v2i2.16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Redominate telah terindeks pada:

 

View Redominate Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © REDOMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristiani. All Rights Reserved.