Karakter Manusia yang Dipimpin oleh Roh tidak Hidup di bawah Hukum Berdasarkan Galatia 5:18

Ipan Morris Pangaribuan

Abstract


Christianity believes and have faith in the Triune God. Each Person of the Trinity has different role but has the same attribute, namely both Holy, Powerful and worthy of worship. In the Christian life, Holy Spirit is another helper but of one kind as God Himself. The Holy Spirit is the Person promised by the Lord Jesus to His disciples. The Holy Spirit dwells and leads everyone who has believed in Christ and make their lives change drastically. The Spirit-led life is called ‘Life’, in the Greeks term “Peripatusin” (Peripatousin), meaning walking, in this case refers to all activities in the life of the believer.1 1 Corinthians 1:26 shows evidence of the transformation of those who have received and are led by the Holy Spirit in their hearts. Because of the leading of the Holy Spirit or the Spirit of God, the early Church grew very rapidly despite of great persecution. The Holy Spirit also reveals new and fresh truth to each generation. And through the Holy Spirit, people can repent, know and believe in Jesus (1 Corinthians 12:3) so that by the Spirit people can follow Christ’s example (2 Corintians 3:18)2. The role of the Holy Spirit in leading the Church today is to liberate the Church as a whole and to give boldness to the Church in witnessing for Him.



Abstrak
Agama Kristen percaya dan mengimani Allah Tri Tunggal. Masing-masing Pribadi Allah Tritunggal mempunyai peran yang berbeda namun mempunyai kesetaraan yang sama, yaitu sama-sama Allah yang Kudus, berkuasa dan yang layak disembah. Dalam kehidupan keKristenan Roh Kudus merupakan penolong yang lain tetapi dari satu jenis yaitu Allah sendiri. Roh Kudus adalah pribadi yang dijanjikan oleh Tuhan Yesus kepada murid-murid-Nya. Roh Kudus mendiami dan memimpin setiap orang yang telah percaya kepada Kristus serta membuat kehidupan mereka berubah drastis. Hidup yang dipimpin Roh disebut juga sebagai ‘Hidup’, yang dalam istilah Yunaninya “Peripatusin” (Peripatousin), yang artinya berjalan, dalam hal ini menunjuk pada segala aktifitas/ kegiatan kehidupann orang percaya. Dalam I Korintus 1:26 adalah bukti tentang berubahnya orang-orang yang telah menerima dan yang dipimpin oleh Roh Kudus di dalam hati mereka. Oleh karena pimpinan Roh Kudus atau Roh Allah Jemaat mula-mula sangat pesat pertumbuhannya walaupun didera penderitaanyang sangat besar. Roh juga menyingkapkan kebenaran-kebenaran baru kepada setiap generasi. Dan melalui Roh orang dapat bertobat, mengenal dan percaya pada Yesus (1 Korintus 12:3) sehingga oleh karena Roh manusia dapat mengikuti teladan Kristus (2 Korintus 3:18). Peran Roh Kudus dalam memimpin jemaat zaman sekarang adalah dengan memerdekakan jemaat secara utuh serta memberi keberanian kepada jemaat dalam bersaksi.

Full Text:

PDF

References


William Barclay , Pemahaman Alkitab Setiap hari; Galatia – Efesus, Jakarta : BPK Gunung Mulia, 1992

Barbara Friberg, Analitical Greek New Testament (Michigan, Grand Rapids: Baker book House, 1981

John S. Feinberg, Masih Relevankah Perjanjian Lama di Era Perjanjian Baru, Malang : Gandum Mas, 1996

J. Verkuyl, Etika Kristen Bagian Umum ( Jakarta : BPK Gunung Mulia , 1989),

H. Berkhof dan Enklaar, Sejarah Gereja, ( Jakarta : BPK Gunung Mulia, 1994 )

Wismoadi Wahono, Di sini Kutemukan, ( Jakarta : BPK Gunung Mulia, 1990)

Chris Marantika, Diktat Kuliah : Soteriologi ( Yokya : STII Yogyakarta, 1989),

Abbott and Smith, A Manual Greek Lexicon of The New Testament ( Edinburgh: George Street, 1974

James Strong, Dictionariser of The Hebrew and Greek Word ( Virgina : Mac Donald Publising Company, 1970.

Gerhard Kittel, Theological Dictionary of The New Testament (Michigan, Grand Rapids : WM.B. Erdmans Publising Company, 1981),

R. Laid Harris, Theological Word Book of Old Testament Volume 1 , ed. Gle son L. Archer and Eruce K. Waltke (Chicago : The Moody Bible Institute, 1980).

Charles C. Ryrie, Teologi Dasar 1, Panduan Populer untuk memahami Kebenaran Alkitab, (Yogakarta : Yayasan Andi Offset, cetakan ke 1, 1992 ),

AW. Argly, God In The New Testament ( London : Hodder, 1976),

HH. Esser, The New International Dictionary of New Testament Theology ( Michigan, Grand Rapids: Exeter 1976

Donald Gutrie, Teologi Perjanjian Baru 2, ( Jakarta : BPK Gunung Mulia, 1995), p.249.

Henry C. Thiessen, Teologi Sistematika ( Malang : Gandum Mas, 1992)

J. Wesley Brill, Dasar Yang Teguh ( Bandung : Kalam Hidup, )

Manondang Napitupulu,Di ktat Yunani 1 dan 2, STT Tanwangmangu, 1995)

Ola Tullan, Bahasa Yunani 1 ( malang : Sekolah Tinggi Teologi 1-3, 1995)

Barclay M. Newman. Kamus Yunani – Indonesia, (Jakarta : BPK Gunung Mulia, 1996).

Jack Kuhatschek, Hati-hati Penyesat Injil, ( Jakarta : Perkantas, 1994 ),

--------------, Tafsiran Alkitab Masa Kini 3 , Matius – Wahyu ( Jakarta : Yayasan Komunikasi Bina Kasih /OFM, ) 1994




DOI: https://doi.org/10.59947/redominate.v2i1.13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Redominate telah terindeks pada:

 

View Redominate Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © REDOMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristiani. All Rights Reserved.