Pendidikan Kristen dalam Keberhasilan Moral Kerohanian Anak di Keluarga

Debora Pandanan, Rahmat Kristiono

Abstract


 

Moral education is the basic values and character needed in every aspect of a child's life, especially within the child's family environment. Parents play a significant role in the spiritual growth of each of their children in everyday life. Knowledge of Christian spiritual education for children is essential because even in the Bible, God commands humans to teach the word of God, especially to children. Using a descriptive qualitative method, this research discusses and concludes that parents should wholeheartedly support their children so that their spiritual life grows daily because the spiritual growth that a child will experience is very dependent on Christian education in the family. Second, a parental example to children is one factor that plays a vital role in Christian Religious Education.

  

Abstrak

Pendidikan moral adalah nilai dan karakter dasar yang dibutuhkan di dalam setiap aspek kehidupan seorang anak, terutama di dalam lingkungan keluarga anak itu sendiri. Orang tua memegang peranan utama dalam hal pertumbuhan kerohanian setiap anak-anaknya dalam kehidupan setiap hari. Pengetahuan tentang pendidikan rohani Kristen bagi anak sangatlah penting, karena dalam Alkitab pun, Allah memberikan perintah terhadap manusia untuk mengajarkan firman Tuhan terutama kepada anak-anak. Menggunakan metode kualitatif deskritif penelitian ini membahas dan menyimpulkan bahwa orang tuanya seharusnya  mendukung anak-anak dengan sepenuh hati sehingga kehidupan kerohanian anak semakin hari, semakin bertumbuh. Sebab pertumbuhan kerohanian yang akan dialami oleh seorang anak sangat bergantung kepada pendidikan Kristen di dalam keluarga. Kedua, keteladanan orang tua kepada anak-anak merupakan salah satu faktor yang sangat berperan penting dalam Pendidikan Agama Kristen.

 


Full Text:

PDF

References


Ali Muhson, "Meningkatkan Profesionalisme guru: sebuah harapan, Jurnal Ekonomi dan

Pendidikan" Vol.2, No.1, Agustus 2014. 93-94

Arifianto, Yonatan Alex. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 94–106.

Nuraini, Indah. Kamus Bahasa Indonesia. Bogor: CV. Duta Graha Publishing and Printing, 2010.

Pemerintah RI. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. Jakarta, 2005.

S, Badu. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2001.

Syaifuddin & M. Basyiruddin Usman. Guru Profesional & Implementasi Kurikulum. Jakarta: Gramedia, 2002.

Tilaar, H.A.R. Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Rhineka Cipta, 2002.

Syabuddin Gade, "Perbandingan Konsep Dasar Pendidikan Antara Dewey Dan AsySyaibani",

Jurnal Ilmiah Didaktika Vol. XII, No.1, Agustus 2011. 87.

Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum,

"Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa", Balitbang Puskum,

Jakarta 2010, 2.

Triatmanto, "Tantangan Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah", Jurnal Cakrawala

Pendidikan, Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY, 188.

Saptono, Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter, Jakarta Esensi , 2011, 17.

Pengantar Pendidikan Karakter, Badan Pendidikan Kristen PENABUR (BPK PENABUR) 2016, 25.

Djoko Dwiyanto, "Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila", Yogyakarta 2012, 48-52.

Udin Syaefudin Saud, "Pengembangan Profesi Guru" (Alfabeta, Bandung, 2011), 32-33.

"Latar Belakang Pendidikan Karakter", Badan Pendidikan Kristen PENABUR (BPK PENABUR, 2016

H.A.R. Tilaar, Membenahi Pendidikan Nasional (Jakarta: PT. Rhineka Cipta, 2002.

Henry N. Siahan, peranan ibu bapak mendidik anak, Bandung: Angkasa,1991

Santrock, J.W. 2002. Life-Span Development. Perkembangan Masa Hidup. (Alih bahasa:

Chusairi, dan Damanik). Jakarta: Penerbit Erlangga

Tutik Dwi Endarti dan Sunarto, Program Parenting Melalui Sekolah Orang Tua di Sekolah

Dasar, Jurnal Media Manajemen Pendidikan, Vol. 2 No. 1, Februari 2019

S.P Siagian, Filsafat Administrasi, Jakarta: Gunung Agung, 1989.

Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat (2020).

.




DOI: https://doi.org/10.59947/redominate.v3i2.1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Redominate telah terindeks pada:

 

View Redominate Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © REDOMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristiani. All Rights Reserved.